Pengaruh Terapi Rendam Kaki Dengan Air Hangat dan Serai Terhadap Tekanan Darah Ibu Hamil Penderita Pre Eklamsi

Fety Liszayanti, Sri Rejeki

Abstract


Kasus kematian ibu di Jawa Tengah pada tahun 2017 sebanyak 475 kasus. Penyebab dari kematian ibu tertinggi karena hipertensi (Preeklamsia) dalam kehamilan yaitu 32,97 %.Preeklamsiaadalah komplikasi kehamilan sindrom kehamilan yang terdiri dari tingginya tekanan darah tinggi (hipertensi kehamilan), tingginya kadar protein dalam urin (hemaproteuria) dan banyaknya cairan yang ditahan oleh tubuh. Pengobatan non farmakologis dapat dilakukan dengan gaya hidup yang lebih sehat, termasuk pengobatan alamiah seperti terapi herbal, terapi nutrisi, aromaterapi, pijat refleksiologi dan terapi rendam kaki dengan air hangat dan serai.
Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh terapi rendam kaki dengan air hangat dan serai terhadap tekanan darah ibu hamil penderita preeklamsi dengan rancangan penelitian quasy experimentOne Group Pretest and Posttest Design. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2019 di wilayah kerja Puskesmas Gayamsari, Puskesmas Tlogosari Wetan dan Puskesmas Bangetayu dengan jumlah responden 15 responden. Hasil uji menggunakan Wilcoxon pada sistolik dengan nilai Z 3.408 P value 0.001 dan uji Paired T-test pada diastolik denngan P value 0.000. sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi rendam kaki dengan air hangat dan serai terhadap tekanan darah ibu hamil penderita preeklamsia. Pemberian rendam kaki air hangat dapat menurunkan tekanan darah karena adanya respon fisiologis yaitu proses dilatasi/ pelebaran pembuluh darah yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan kekentalan darah (viscositas), ketegangan otot berkurang,
metabolisme jaringan dan permeabilitas kapiler meningkat. Serai mengandung Flovanoid yang mempengaruhi kerja dari angiotensin converting enzyme (ACE) yang menyebabkan vasodilatasi. Saran: Diharapkan Ibu dengan Preeklamsia dapat melakukan rendam kaki dengan air hangat dirumah atau pun ditempat kerja.

Kata kunci: Terapi rendam kaki air hangat dan serai, tekanan darah, preeklamsia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.