Penggunaan Film-English Instruction Dalam Mengajar Speaking Siswa Di MAN 1 Semarang

Widina Febriyanti, Testiana Deni W, Siti Aimah

Abstract


Guru harus memiliki strategi dalam mengajar supaya siswa mudah menguasai materi dan aktif di kelas, khususnya mengajar speaking. Speaking atau berbicara adalah salah satu dari 4 (empat) kompetensi dasar yang memiliki peran penting dalam berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Film-English Instruction dalam mengajar speaking di MAN 1 Semarang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa kelas XI MIPA 3. Metode
penelitian iniĀ  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan instrumen yaitu, pre-test post-test, quesioneer, dan observasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus Untuk menganalisis data tersebut menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu, penggunaan Film-English Instructions memiliki pengaruh dalam mengajar speaking siswa. Dengan menggunakan Film-English Instructions, siswa dapat belajar speaking melalui si pembicara atau the speaker secara langsung. Selain itu, siswa merasa senang dan tidak cepat bosan dalam belajar karena isi percakapan dalam video pendek yang mudah dipahami. Dapat disimpulkan bahwa Film-English Instructions
berpengaruh dalam pengajaran speaking siswa.
Kata kunci: Film-English Instructions, Mengajar, Speaking.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.