Error Analysis Pada Kemampuan Menulis Kalimat Conditional Sentences Siswa Kelas XII SMA N 9 Semarang

Fairuz Nadhifah Izdihar, Riana Eka Budiastuti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan siswa yang sering terjadi dalam mengerjakan soal conditional sentence dan mengklasifikasikan kesalahan tersebut berdasarkan taksonomi surface strategy. Di samping itu, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa saat menulis kalimat dengan
conditional sentence. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa banyak mengalami kesalahan dalam struktur kalimat, seperti penggunaan verb yang tidak tepat dengan presentase omission (20%), addition (20%), misformation (50%), and misordering (10%). Faktor yang membuat siswa melakukan errorĀ  adalah metode mengajar guru yang tidak menarik dan penguasaan verb yang kurang pada siswa.

Kata kunci: Conditional sentence, error analysis, surface strategy taxonomy

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.