Pengembangan Aplikasi Android dalam Bentuk Ensiklopedia Chemistry Laboratory (Encylab) Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik SMA/MA Kelas X

Abu To’at, Andari Puji Astuti, Eko Yuliyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan media pembelajaran kimia bagi siswa SMA/MA Kelas X melalui aplikasi Android dalam bentuk Ensiklopedia Chemistry Laboratory (Encylab). Metode dalam penelitian
ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carey melalui tahap analisis, desain, pengembangan dan implementasi dengan dilakukan evaluasi pada setiap tahapannya. Encylab yang telah dibuat kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, penilaian respon lebih lanjut oleh siswa dan guru. Rata-ratanya untuk kelayakan media pembelajaran pada semua indikator adalah 4,6 dari ahli materi dan 4,7 dari ahli media. Kemudian 4,7 dari respon 3 siswa saat uji coba perorangan, 4,3 dari respon 12 siswa dan 4,6 dari respon 1 guru saat uji coba terbatas. Disimpulkan bahwa aplikasi Android dalam bentuk Ensiklopedia Chemistry Laboratory (Encylab) telah memenuhi kriteria sangat layak, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran kimia bagi siswa SMA/MA Kelas X.

Kata kunci: Aplikasi Android, Encylab, media pembelajaran, pengembangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.