INOVASI PEMBELAJARAN 4C’S MENUJU INDONESIA EMAS

Sumar Hendayana

Abstract


Makalah ini bertujuan membahas pemanfaatan teknologi big data dalam
pembelajaran. Studi ini dilakukan  di sekolah dasar di Jepang dan Indonesia pada mata pelajaran matematika. Data dikumpulkan melalui observasi pembelajaran untuk dianalisis. Melalui fasilitas internet yang terkoneksi ke big data memungkinkan pendidik memperoleh informasi proses berpikir peserta didik secara cepat, sehingga pendidik secara cepat pula memberikan umpan balik kepada peserta didik. Pemanfaatkan big data memungkinkan mengelola administrasi dan akademik secara cepet bagi lembaga pendidikan yang telah difasilitasi dengan internet super cepat dan perangkat keras yang memadai. Kasus Indonesia, fasilitas teknologi big data belum merata ketersediaannya terutama pada sekolah-sekolah di pedesaan maka alternatif pembelajaran 4Cs (Critical thingking, Creativity, Collaboration, and Communication) dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di sekolah sehingga pembelajaran 4Cs dapat terealisasi.
Pembelajaran 4Cs di setiap satuan pendidikan akan berkontribusi terhadap realisasi Indonesia Emas tahun 2045.  

Keyword: inovasi, pembelajaran 4Cs, big data.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.