PENERAPAN 4 Cs PADA PEMBELAJARAN LINGKUNGAN DENGAN METODE JOURNEY MELALUI LESSON STUDY DI TK ABA 01 MRANGGEN DEMAK

Anik Alfiah, Eny Winaryati

Abstract


Kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh kualitas guru. Kualitas guru harus selalu ditingkatkan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya, diantaranya  dapat dilakukan melalui lesson study. Hal ini didasarkan dari berbagai penelitian sebelumnya, juga dikuatkan
dengan tuntutan dan kebutuhan pembelajaran abad 21. Ada 4 karakter keterampilan abad 21 yaitu: (1). Critical Thinking and Problem Solving; (2) Creativity and Innovation; (3) Communication; (4) Collaboration disingkat 4Cs. Baik guru maupun siswa dituntut untuk memiliki keterampilan di atas. Pembelajaran melalui lesson study dijiwai oleh 4Cs diatas.
Kegiatan dilakukan melalui implementasi pembelajaran dengan menggunakan metode journey yang diaplikasikan pada tema lingkungan pada TK ABA Mranggen 1 kabupaten Demak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana penerapan 4Cs dalam pembelajaran. Dari kegiatan lesson study ini dihasilkan banyak temuan-temuan perilaku siwa
yang dapat didokumentasikan. Rekomendasi yang dapat disampaikan dari kegiatan satu siklus lesson study ini adalah: (1) Ditemukan adanya anak yang memiliki bakat kusus terkait dengan bangunan,  pertamanan, ketrampilan berpikir logis, dan seni diharapkan guru dapat menstimulasi bakat tersebut sehingga perkembangan anak menjadi lebih  optimal; (2) Setiap anak memeiliki bakan dan minat yang berbeda. Maka tugas guru adalah menggali potensi tersebut dan mengoptimalkannya; (3) Perlunya menemukan berbagai bentuk temuan  dalam pembelajaran yang lebih rinci dan detail lagi. Kesimpulan dari imoplementasi leson study ini
adalah: (1) Pembelajaran melalui lesson study pada siswa PAUD menjadi sangat menarik untuk diteliti, diketahui dan dikembangkan. PAUD merupakan jenjang pendidikan yang paling dasar, dan ikut menentukan perkembangannya setelah dewasa. (2) Usia PAUD merupakan Golden Age yang ikut menentukan dan berpengaruh ketika dewasa nanti. (3)
Setiap perilaku siswa adalah gambaran potensi yang dapat dikembangkan. (4) Perlu dikembangkannya pembelajaran kolaborasi pada berbagai jenjang pendidikan, agar dapat diketahui arah kebutuhan dan tuntutan dari setiap jenjang pendidikan.

Kata kunci: 4C‟s, pembelajaran Lingkungan, metode Journey, lesson study

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.