Tantangan Pembelajaran Nilai Moral di Era Milenial
Abstract
Perkembangan yang sangat pesat di bidang teknologi informasi telah
menggeser pola-pola pembelajaran secara signifikan. Penggunaan piranti ini akan mengefektifkan proses-proses pembelajaran, melalui kegiatan yang praktis dan fleksibel dengan segala kemudahan yang diperoleh baik oleh dosen maupun mahasiswa. Era milenial dengan segala persoalannya akan hadir di tengah-tengah masyarakat pembelajar, yang menawarkan berbagai kemudahan proses pembelajaran. Namun demikian proses pembelajaran nilai moral tetap membutuhkan sentuhan manusia agar tumbuh terlebih dahulu rasa empati dan simpati diantara mereka. Sentuhan-sentuhan manusiawi hanya akan terwujud manakala terjadi perjumpaan yang bermakna antara dosen dan mahasiswa, sehingga darinya akan lahir pemodelan, keteladanan.
Keywords: Nilai-moral, Milenial, Perjumpaan bermakna
menggeser pola-pola pembelajaran secara signifikan. Penggunaan piranti ini akan mengefektifkan proses-proses pembelajaran, melalui kegiatan yang praktis dan fleksibel dengan segala kemudahan yang diperoleh baik oleh dosen maupun mahasiswa. Era milenial dengan segala persoalannya akan hadir di tengah-tengah masyarakat pembelajar, yang menawarkan berbagai kemudahan proses pembelajaran. Namun demikian proses pembelajaran nilai moral tetap membutuhkan sentuhan manusia agar tumbuh terlebih dahulu rasa empati dan simpati diantara mereka. Sentuhan-sentuhan manusiawi hanya akan terwujud manakala terjadi perjumpaan yang bermakna antara dosen dan mahasiswa, sehingga darinya akan lahir pemodelan, keteladanan.
Keywords: Nilai-moral, Milenial, Perjumpaan bermakna
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.