ANALISIS PEMINATAN PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI

Mukson Mukson, Nur Khojin, Maftukhin Maftukhin

Abstract


Era globalisasi telah menuntut adanya perubahan paradigma la`ma dalam segala bidang, salah satunya adalah bidang pemasaran. Semakin tingginya tingkat persaingan di Perguran Tinggi Swasta maupun dan kondisi ketidakpastian memaksa perguruan Tinggi untuk mencapai keunggulan kompetitif agar mampu memenangkan persaingan di dalam
Rekruitmen Mahasiswa Baru

Pesaing yang dihadapi sebuah Perguruan Tinggi tidak lagi datang dari Perguruan Tinggi Swasta Terdekat diwilayah yang sama, tetapi juga datang dari Perguruan Tinggi Negeri yang sudah mempunyai nama besar hadir untuk saling berebut pasar. Promosi merupakan salah satu variabel dari bauran pemasaran yang sangat penting, yang dilaksanakan oleh perusahaan, dalam memasarkan produk atau jasanya. Tanpa promosi keberadaan Perguruan Tinggi kurang mendapat perhatian dari Calon mahasiswa baru atau bahkan calon maahsiswa baru  tidak tahu sama sekali mengenai kampus tersebut.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh biaya promosi terhadap peminatan penerimaan maahasiswa baru di universitas muhadi setiabudi, Metode  yang  digunakan   adalah  metode  deskriptif  kuantitatif. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah Calon Mahasiswa baru Universitas Muhadi Setiabudi khususnya mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Program Studi Manajemen yang
berjumlah, Instrumen yang digunakan untuk mengetahui Variabel Independen (X) dan variabel Dependen (Y) adalah observasi dan Kuesioner/Angket.  
Teknik analisis data  dilakukan dengan mengunakan  metode statistik deskriptif yakni untuk menyajikan data masing- masing variable secara tunggal, dan ststistik inferensial yakni untuk menguji hipotesis penelitian. Dengan metode One-Way ANOVA, Hipotesis peneliian dilakukan pada taraf siginifikansi α= 0.05.
Berdasarkan hasil pembagian pembahasan penelitian, diperoleh hasil, bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara Biaya promosi dengan peminatan PMB. Dalam statistik, berdasarkan uji koefisien determinasi, hasil penelitian ini menggambarkan bahwa sebanyak 56,50% varians skor Peminatan PMB dipengaruhi oleh faktor Promosi.
Kontribusi sebesar itu jelas tidak bisa diabaikan. Dengan kata lain, dapat ditafsirkan bahwa dengan Promosi yang tepat, maka Peminatan penerimaan mahasiswa baru akan baik. Persamaan regresi yang dihasilkan untuk menerangkan pengaruh antara Promosi dengan peminatan PMB adalah y = 7.057 + .806 X, artinya setiap kenaikan satu satuan variabel Biaya Promosi (X) akan meningkatkan variabel Peminatan Penerimaan mahasiswa baru (Y) sebesar .806 pada konstanta  7.057.


Keywords: Biaya Promosi, Peminatan Penerimaan Calon mahasiswa baru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.