PEMETAAN KINERJA DOSEN PPNS DENGAN KRITERIA EPD DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING

Farizi Rachman, Denny Oktavina Radianto, Ika Erawati

Abstract


Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) merupakan Perguruan Tinggi pendidikan vokasi yang bergerak di bidang perkapalan dan teknologi. Untuk mendukung program pendidikan yang ada di PPNS, Kompetensi dosen sangat diperlukan dalam proses pendidikan. Dosen harus mempunyai kualifikasi yang diperlukan bagi penyampaian ilmunya kepada mahasiswa. Untuk itu, perlu dilakukan pemetaan terhadap kinerja dosen dengan kriteria Evaluasi Pembelajaran Dosen (EPD). Dengan adanya cluster dosen, maka akan bisa dipetakan kinerja dosen dalam hal pengajaran, sehingga manajemen PPNS bisa membuat langkah strategis untuk meningkatkan mutu pengajaran dosen PPNS dengan baik. Pemetaan atau cluster dosen dalam penelitian ini menggunakan metode k-means clustering. Metode Algoritma K-Means merupakan model centroid. Centroid adalah titik tengah suatu cluster yang digunakan untuk menghitung jarak suatu objek data terhadap centroid. Sehingga
memungkinkan untuk menentukan jumlah cluster diawal penelitian. Berdasarkan hasil cluster Dengan K-Means didapatkan empat kelompok. Cluster pertama, adalah kelompok dosen dengan nilai Pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial paling rendah dengan rata-rata EPD 3,11, cluster kedua memiliki EPD dengan rata-rata 3,37, cluster ketiga memiliki EPD dengan rata-rata 3,58, dan cluster keempat memiliki rata-rata EPD tertinggi mencapai 3,8. Hasil cluster ini menjadi panduan untuk membuat kebijakan strategis, agar dosen bisa meningkatkan mutu pembelajaran.

Keywords: EPD, Pembelajaran, K-Means

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.