Keefektifan Model Student Teams Achievement Division Berbasis Pendidikan Karakter Berbantu Compact Disk Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Kubus Dan Balok
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik rendah karena peserta didik tidak terbiasa memecahkan masalah dari pertanyaan pertanyaan soal soal yang termasuk soal tingkatan kognitif yang sukar , sehingga peserta
didik sering salah dalam mengerjakan soal soal tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbasis pendidikan berbantuan Compact Disk Interaktif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Student Teams Achievement Division
terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII BANGUN RUANG.
Jenis penelitian eksperimental, populasi semua peserta didik kelas VIII di SMP ALHUDA 2018/2019. Pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas kontrolVIII B, kelas eksperimen VIII C dan kelas percobaanVIII A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mencapai kemampuan pemecahan masalah matematika lengkap secara individual: 84,40 dan klasik: 87,5%. Pengaruh motivasi belajar dan keaktifan belajar pada kemampuan pemecahan masalah matematika adalah 98,7%, ada perbedaan dalam rata-rata kelas eksperimen: 84,40 dan kelas kontrol: 72,35.
Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbasis pendidikan karakter berbantuan Compact Disk Interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dalam materi BANGUN RUANG efektif.
Kata kunci: Student Teams Achievement Division, pendidikan karakter, kemampuan pemecahan masalah matematispka ,Compact Disk Interaktif.
didik sering salah dalam mengerjakan soal soal tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbasis pendidikan berbantuan Compact Disk Interaktif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Student Teams Achievement Division
terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII BANGUN RUANG.
Jenis penelitian eksperimental, populasi semua peserta didik kelas VIII di SMP ALHUDA 2018/2019. Pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas kontrolVIII B, kelas eksperimen VIII C dan kelas percobaanVIII A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mencapai kemampuan pemecahan masalah matematika lengkap secara individual: 84,40 dan klasik: 87,5%. Pengaruh motivasi belajar dan keaktifan belajar pada kemampuan pemecahan masalah matematika adalah 98,7%, ada perbedaan dalam rata-rata kelas eksperimen: 84,40 dan kelas kontrol: 72,35.
Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbasis pendidikan karakter berbantuan Compact Disk Interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dalam materi BANGUN RUANG efektif.
Kata kunci: Student Teams Achievement Division, pendidikan karakter, kemampuan pemecahan masalah matematispka ,Compact Disk Interaktif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.