Implementasi Lesson Study Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII

Ratna Zumrotussaidah, Eko Andy Purnomo, Venissa Dian Mawarsari

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh peserta didik sehingga mengakibatkan rendahnya percaya diri dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran ekspositori. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui penerapan lesson study model pembelajaran think pair share dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah, percaya diri dan keaktifan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh kelas VIII SMP N 1 Limbangan tahun akademik 2018/2019. Sampel penelitian
adalah kelas VIII A, VIII B, dan VIII C dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah percaya diri dan keaktifan, sedangkan variabel terikatnya adalah pemecahan masalah. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peserta didik dapat mencapai ketuntasan kemampuan pemecahan masalah, secara individu: 84,47 dan klasikal: 88,23%. Pengaruh percaya
diri dan keaktifan pada kemampuan pemecahan masalah adalah 83%. Ada perbedaan dalam kemampuan pemecahan masalah rata-rata kelas eksperimen: 84,47, kelas kontrol: 72,38. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan lesson study model pembelajaran think pair share dengan pendekatan kontekstual peserta didik dapat mencapai ketuntasan, ada
pengaruh percaya diri dan keaktifan, dan ada perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kontrol materi sistem persamaan linear dua variabel.
 
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, kontekstual, Lesson Study, Think Pair Share

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.