PENGGUNAAN QUIPPER SCHOOL MELALUI AKUN FACEBOOK DALAM PEMBERIAN TUGAS LEMBAR KERJA SISWA KREATIF BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMK NEGERI 1 SENGKANG
Abstract
Kecenderungan pembelajaran kontemporer adalah berbasiskan pada teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Trend peserta didik tampak lebih termotivasi belajar apabila digunakan TIK dalam pembelajaran, kemudian pada saat yang sama, peserta didik mengalami penurunan minat belajar pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI). SMK
Negeri 1 Sengkang memiliki fasilitas TIK khususnya pada Jurusan Teknik Informatika, sehingga dinilai urgen dan relevan pengembangan model pembelajaran yang memanfaatkan TIK dengan pemanfaatan quipper school berbasis facebook dalam pemberian tugas Lembar Kerja Siswa (LKS) kreatif di sekolah. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan, efektivitas belajar PAI dengan menggunakan quipper school melalui akun facebook dalam pemberian tugas Lembar Kerja Siswa (LKS) kreatif memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Perbedaan terjadi secara signifikan tentang efektivitas belajar yang
menggunakan dan yang tidak menggunakan quipper school melalui akun facebook dalam pemberian tugas Lembar Kerja Siswa (LKS) kreatif di SMK Negeri 1 Sengkang. Peserta didik mengalami kemudahan dalam mengerjakan tugas dan mengontrol tanggapan dari pendidik atau dari peserta didik lain melalui akun facebook-nya. Model pembelajaran berbasis TIK dinilai dapat menggugat minat belajar dan efektivitas pembelajaran PAI di sekolah kejuruan atau sekolah umum. Terobosan sistem pembelajaran PAI berbasis TIK ditujukan untuk peningkatan minat belajar peserta didik.
Kata kunci:
Efektivitas, PAI, Quipper School, Facebook, dan LKS,
Negeri 1 Sengkang memiliki fasilitas TIK khususnya pada Jurusan Teknik Informatika, sehingga dinilai urgen dan relevan pengembangan model pembelajaran yang memanfaatkan TIK dengan pemanfaatan quipper school berbasis facebook dalam pemberian tugas Lembar Kerja Siswa (LKS) kreatif di sekolah. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan, efektivitas belajar PAI dengan menggunakan quipper school melalui akun facebook dalam pemberian tugas Lembar Kerja Siswa (LKS) kreatif memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Perbedaan terjadi secara signifikan tentang efektivitas belajar yang
menggunakan dan yang tidak menggunakan quipper school melalui akun facebook dalam pemberian tugas Lembar Kerja Siswa (LKS) kreatif di SMK Negeri 1 Sengkang. Peserta didik mengalami kemudahan dalam mengerjakan tugas dan mengontrol tanggapan dari pendidik atau dari peserta didik lain melalui akun facebook-nya. Model pembelajaran berbasis TIK dinilai dapat menggugat minat belajar dan efektivitas pembelajaran PAI di sekolah kejuruan atau sekolah umum. Terobosan sistem pembelajaran PAI berbasis TIK ditujukan untuk peningkatan minat belajar peserta didik.
Kata kunci:
Efektivitas, PAI, Quipper School, Facebook, dan LKS,
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.