PKM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF DENGAN SOFTWARE SWISHMAX UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU

Eko Andy Purnomo, Bambang Dalyono, Enny Dwi Lestariningsih, Dwi Ampuni Agustina, Testiana Deni Wijayatiningsih

Abstract


Adanya inovasi teknologi informasi pendidikan dalam bentuk pendayagunaan media berupa penyajian pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah CD interaktif. Berdasarkan wawancara dan survei dengan guru–guru SD Wonosari 03 Semarang dari sebagian kecil saja guru yang menggunakan CD pembelajaran. Dari guru yang menggunakan media tersebut ternyata tidak menggunakan CD Interaktif, tetapi CD pembelajaran biasa.
Berdasarkan observasi pada SD Wonosari 03 disimpulkan bahwa 1). proses pembelajaran yang masih didominasi guru, dan 2). penguasaan guru terhadap teknologi informasi belum baik 3). Guru belum pernah menggunakan CD interaktif dalam pembelajaran. Swishmax merupakan software yang dapat dimanfatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia yaitu CD interaktif. Pembuatan CD interaktif dapat dibuat berdasarkan karakteristik siswa dan sesuai dengan kebutuhan dalam pembelajaran. Kelebihan dari software swishmax adalah penguasaan perangkatnya mudah dan bahasa pemrograman sudah disediakan dalam software tersebut. Sehingga software swishmax sangat cocok digunakan untuk membuat CD interaktif pembelajaran bagi pemula. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan CD interaktif serta
penerapannya pada pembelajaran di kelas. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Wonosari 03 Semarang. Hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa kegiatan berjalan dengan baik, kemampuan guru dalam penguasaan software swihmax baik dan respon guru terhadap pelatihan sangat baik.

Keywords: CD interaktif, pembelajaran, Sotfware Swsihmax

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.