PENGARUH LINGKUNGAN PERTEMANAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Biuty Prama Syafitri, Iswahyudi Joko Suprayitno

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan pertemanan
terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, lingkungan pertemanan sebagai variabel bebas dan hasil belajar peserta didik sebagai variabel terikat. Metode pemilihan sample adalah purposive sampling, subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA 3 dan XII MIPA 4. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan analisis
regresi linear sederhana. Hasil penelitian uji kelinieran didapat sig sig (0,074)> α (0,05) maka tidak ada hubungan linier, uji keterkaitan didapat nilai sig (0,74) > α (0,05) maka koefisien lingkungan pertemanan tidak signifikan diperoleh model persamaan : (Y) =77,312 + (0,073 x lingkungan teman (X) atau Y = 77,312 + 0,073 X dan uji pengaruh
didapat R2= 0,028 maka lingkungan keluarga serta pertemanan mempengaruhi hasil peserta didik sebesar 4,5% sedangkan sisanya 95,5% berasal dari faktor lainnya.
 
Kata kunci : lingkungan pertemanan dan hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.