Orientasi Masa Depan Peserta Didik di SMPIT HB di Semarang

Otih Jembarwati

Abstract


Orientasi masa depan (OMD) merupakan suatu fungsi berpikir yang diperlukan dalam perkembangan psikologis remaja. Aktifitas yang dilakukan dalam orientasi masa depan  berkaitan dengan pemenuhan tugas remaja akhir. Individu remaja dipersiapkan menghadapi kehidupan dengan berbagai penguasaan dan kompetensi yang diperlukan bagi perkembangan individu secara psikologis yang selanjutnya diperlukan saat meningkat pada periode perkembangan dewasa. Cara pandang
Individu dalam menjalani kehidupannya di masa depan diuraikan dalam teori Orientasi Masa Depan.
Program pelatihan orientasi masa depan ini dilakukan pada pada peserta didik SMPIT Harapan Bunda Kelas 8a dan 8b. Hasil dari pelatihan ini adalah terdapat peningkatan skor dalam orientasi Masa Depan. Analisis statistik dilakukan dengan menghitung hasil uji beda skor orientasi masa depan sebelum dan sesudah pelatihan, orientasi masa depam sebelum pelatihan (OMD 1) dan sesuadah pelatihan OMD2. Asil analisis uji beda menunjukkan bahwa skor rata-rata minimum dan maximum pada kedua kelompok memperlihatkan perbedaan, skor sesudah pelatihan Lower (rendah) 101,5597, sedangkan skor sesudah pelatihan Upper 108,9820. Sebaliknya Skor OMD sebelum Pelatihan , Upper (85,2305), lower (73,9124) . Hal ini memperlihatkan terdapat perbedaan skor rata-rata atas maupun bawah pada sebelum dan sesudah pelatihan. Skor Orientasi Masa depan  sesudah pelatihan memiliki rata-rata lebih tinggi dibanding skor rata-rata sebelum pelatihan.
 
Kata Kunci : Orientasi Masa depan, Pelatihan Orientasi masa depan, peserta didik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.