ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS MATERI PERSAMAAN LOGARITMA PADA MASA PANDEMI COVID - 19

Eko Setiawan Nur Ardiansyah, Dwi Sulistyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan analisis proses pembelajaran daring menggunakan aplikasi microsoft teams pada masa pandemi Covid – 19 kelas X materi persamaan logaritma di SMA Negeri 9 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penulis bertindak sebagai instrumen pengumpul data. Teknik analisis data menggunakan model analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 tahun pelajaran 2020/2021, Jumlah peserta didik sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menggambarkan peserta didik  menilai pembelajaran matematika pada materi persamaan logaritma menggunakan microsoft teams biasa saja
(56,7%), sebagian besar mereka menilai efektif (26,7%), dan menilai tidak efektif (10%). Meskipun beberapa menilai sangat efektif (3,3%) serta menilai sangat tidak efektif (3,3%). Berdasarkan hasil penelitian maka dapa disimpulkan bahwa pembelajaran daring matematika
pada materi persamaan logaritma menggunakan aplikasi microsoft teams biasa saja dilaksanakan pada masa pandemi Covid – 19. Aplikasi microsoft teams dapat membantu serta memudahkan guru dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh.  
Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Microsoft teams, Matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.