Uji Konfirmasi Widal Positif O Titer 1/320 Dengan Rapid Test IgM Anti Salmonella typhi pada Penderita Suspek Demam Tifoid

Silvia Khairani, Harun Nurrachmat, Aprilia Indra Kartika

Abstract


Demam tifoid merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Widal merupakan uji diagnosis demam  tifoid yang relatif murah dan mudah, tetapi hasilnya kurang akurat dikarenakan banyaknya hasil negatif dan positif palsu. Pemeriksaan diagnosis lainnya yaitu rapid test IgM anti Salmonella typhi merupakan uji yang lebih sensitif dan spesifik dibandingkan widal dalam mendiagnosis demam tifoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji konfirmasi widal positif O titer 1/320 dengan rapid test  IgM anti Salmonella typhi pada penderita suspek demam tifoid. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 sampel widal positif O titer 1/320 di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah, sampel pemeriksaan yang digunakan adalah serum pasien widal positif O titer 1/320. Jenis penelitian ini merupakan  penelitian analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel diambil secara consecutive sampling. Hasil pemeriksaan rapid test IgM anti Salmonella typhi pada penderita suspek demam tifoid sebanyak 6 (20%) sampel positif dan 24 (80%) sampel negatif dari 30 sampel. Dapat disimpulkan Tidak ada kesesuaian hasil uji konfirmasi widal positif O titer 1/320 dengan Rapid test IgM anti Salmonella typhi Pada Penderita suspek demam tifoid.

Keywords


demam tifoid, widal, IgM Salmonlla typhi

Full Text:

PDF

References


AIM, (2018). Petunjuk Pemakaian AIM Salmonella IgM Rapid Test.

Loman, G. A. (2010). Uji Diagnostik Pemeriksaan Imunoserologi IgM Anti Salmonella Metode IMBI dan Rapid Test Terhadap Baku Emas Kultur Salmonella typhi Pada Penderita Tersangka Demam Tifoid. Universitas Kristen Maranatha.

Osman, Z. B., & Mulyantari, N. K. (2014). Prevalensi Antibodi IgM Anti-Salmonella pada Penderita Diduga Demam Tifoid di Rumah Sakit Puri Bunda, Denpasar Bulan April--Oktober 2014.

Rao, V. (2018). A Comparative Study Of Rapid Salmonella-Igm Test (Typhi-dot M) And Widal Test In The Diagnosis Of Enteric Fever In A Tertiary Hospital. International Journal Of Current Microbiology And Aplied Sciences.

Satwika, A., & Lestari, A. (2015). Uji Diagnostik Tes Serologi Widal Dibandingkan dengan Tes IgM Anti Salmonella Typhi sebagai Baku Emas pada Pasien Suspect Demam Tifoid di Rumah Sakit Surya Husadha pada Bulan Januari sampai dengan Desember 2013. E-Jurnal Medika Udayana, 4(8), 1–12.

Setiyani, E. (2014). Hubungan antara lama demam pasien tifoid dengan kadar IgM anti Salmonella. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Surya, H., Setiawan, B., Shatri, H., Sudoyo, A. W., & Loho, T. (2006). Perbandingan Pemeriksaan Uji Tubex Tf dengan Uji Widal dalam Mendiagnosis Demam Tifoid. Tesis. Jakarta: FKUI.

Suryani, D. Y. (n.d.). (2017). Titer Widal Pada Populasi Sehat Di Universitas Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.