Uji Konfirmasi Widal Positif O Titer 1/160 dengan Rapid Test IgM Anti Salmonella typhi pada Penderita Suspek Demam Tifoid

Andi Selviana Amir, Harun Nurrachmat, Aprilia Indra Kartika

Abstract


Demam tifoid merupakan penyakit menular yang insidensinya tinggi di Indonesia disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Pemeriksaan widal relatif murah dan mudah tetapi spesifitas dan sensitivitasnya rendah sehingga hasil tidak akurat. Pemeriksaan rapid test IgM anti Salmonella typhi lebih sensitif dan spesifik dibandingkan widal dalam mendiagnosis demam tifoid. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil uji konfirmasi tes widal positif O titer 1/160 dengan rapid test IgM anti Salmonella typhi pada penderita suspek demam tifoid. Penelitian ini menggunakan data penderita suspek demam tifoid dengan hasil widal positif di RS Roemani Muhammadiyah Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian adalah widal positif O titer 1/160 sebanyak 30 sampel yang diambil secara
consecutive sampling. Dari 30 sampel yang diambil didapatkan hasil IgM anti Salmonella typhi positif sebanyak 4 subjek (13%) dan IgM anti Salmonella typhi negatif sebanyak 26 subjek (87%). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tidak ada kesesuaian hasil uji konfirmasi tes widal positif O titer 1/160 dengan rapid test IgM anti Salmonella typhi pada penderita suspek demam tifoid.

Keywords


widal; demam tifoid; Salmonella typhi; Rapid test IgM

Full Text:

PDF

References


AIM. 2018. Petunjuk Pemakaian AIM Salmonella IgM Rapid Test.

Kawano RL. 2007. Comparison of Serological Test Kits For Diagnosis Of Typhoid Fever in the Philippines. Journal Of Clinical Microbiology.

KMK. 2006. Pedoman Pengendalian Demam Tifoid. No. 364/MENKES/SK/V/2006.

Loman, G. A. 2010. Uji Diagnostik Pemeriksaan Imunoserologi IgM Anti Salmonella Metode IMBI dan Rapid Test Terhadap Baku Emas Kultur Salmonella typhi pada Penderita Tersangka Demam Tifoid. Universitas Kristen Maranatha.

Rachman, AF. 2011. Uji Diagnostik Tes Serologi Widal Dibandingkan dengan Kultur Darah Sebagai Baku Emas Untuk Diagnosis Demam Tifoid Pada Anak di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Semarang Riset.

Kesehatan Dasar. 2007. Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan, Republik Indonesia. Surya, H. Setiawan, B. Shatri, H Sudoyo.

A. W & Loho, T. 2006. Perbandingan Pemeriksaan Uji Tubex Tf dengan Uji Widal dalam Mendiagnosis Demam Tifoid. Tesis. Jakarta: FKUI.Widodo D. 2009. Demam tifoid. Dalam : Sudoyo AW, Setiyohadi B, Alwi I, K MS, Setiati S.

Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Edisi 4. Jakarta: Pusat Penerbitan Departemen IPD FKUI. 1774-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.