Analisis Faktor-faktor Minat Perilaku Wajib Pajak untuk Menggunakan E-filing (Studi Empiris di KPP Pratama Sukoharjo)

Atik Kurniawati

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengetahui faktor-faktor minat perilaku Wajib Pajak terhadap minat perilaku untuk menggunakan e-filling di KPP Pratama Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel dengan Convenient Random Sampling. Sampel yang diambil dengan langkah yaitu akan dipilih dengan cara yang nyaman yaitu subjek adalah orang-orang yang secara kebetulan dijumpai yang telah melakukan pembayaran pajak melalui e-filling sampai dengan data yang diperoleh cukup oleh peneliti. Berdasarkan analisis data, bahwa variabel Keamanan dan Kerahasiaan, Kompleksitas pengguna, kemudahan, kesukarelaan, pengalaman, ada pengaruh pada variabel keinginan Perilaku menggunakan e-filling.
Kata kunci: kompleksitas , kegunaan, keamanan dan kerahasiaan, kesukarelaan, dan pengalaman

Abstract

The purpose of the study was to determine the factors of taxpayers' interest in the interest to use e-filling in KPP Pratama Sukoharjo. Sampling technique uses Convenient Random Sampling. Samples taken with the steps that will be chosen in a comfortable way are the subjects who are the people who conduct searches that have made tax payments through e-filling up to the data obtained by the researcher. Merging data, namely variables Security and Confidentiality, User complexity, ease, volunteerism, experience, there is an influence on the desire variable using e-filling.


Keywords


complexity; usability; security and confidentiality; volunteerism; experience

Full Text:

PDF

References


Ajeng Nila Maharani, S. N. 2017. Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Kualitas Pelayanan dan Ketegasan Sanksi terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang pribadi Di KPP Kota Surakarta. Ekonomi Paradigma.

Anatan, L. E. 2007. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT Alfabet.

Ghozali, I. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hastuty, E. N. 2006. Implementasi Elektronik Filling System dalam Praktek Perpajakan di Indonesia. Sosiosains. Sosiosain , 255-264.

Istiqomah, S. N. (Vol. 19 No. 02 Agustus). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Di KPP Sukoharjo. . Jurnal Ekonomi Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta.

Nurul. 2012. Pengaruh Presepsi Kebermanfaatan, persepsi Kemudahan penggunaan, dan kepuasan wajib pajak terhadap penggunaan e-filling bagi wajib pajak di Yogyakarta. Nominal , Vol 1 No 1.

Rahayu, S. K. 2010. Perpajakan Indonesia : Konsep Dan Aspek Formal . Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.