Peramalan Indeks Harga Konsumen di Indonesia Mengunakan Metode Moving average dan Holt Exponential Smoothing

Farah Yuni Lestari, Moh. Yamin Darsyah

Abstract


IHK merupakan salah satu indikator ekonomi penting yang dapat memberikan informasi mengenai perkembangan harga barang dan jasa yang dibayar oleh konsumen dan salah satu indicator untuk menentukan
tingkat inflasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan sekaligus mencari model yang terbaik untuk digunakan sebagai peramalan Indeks Harga Konsumen di Indonesia tahun 2015 – 2018. Data yang digunakan adalah data bulanan dengan jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang didapatkan dari Badan Pusat Statistika. Dari hasil penelitian ini didapatkan metode yang terbaik adalah metode Holt Exponential Smoothing karena metode ini memiliki kesamaan data yang mengalami trend baik trend naik maupun trend turun.

Kata kunci: IHK, peramalan, ma, holt exponential smoothing

Abstract

Consumer Price Index (IHK) is one of important economical indicatiors that can give information about price development of goods and services paid by consumers and an indicator to determine the inflation rate. This research was aimed at comparing and looing for the besrt model to be used to forecast the Consumer Price Index in Indonesia during 2015-2018. Data used include monthly data, which were secondary data from the Central Bureau of Statistics. The results showed that the best method was Holt Exponential Smoothing for this method having the same data with either increasing or decreasing trend.


Keywords


Kconsumer price index; forecasting; ma; holt exponential smoothing

Full Text:

PDF

References


Ayu, P. 2016. Analisis Pola Perilaku Inflasi IHK Sebelum dan Setelah Hari Raya Idul Fitri (Pendekatan Arima).

Badan Pusat Statistik, “Badan Pusat Statistik,” 2018. [Online]. Available:https://www.bps.go.id/statictable/2009/06/15/907/indeks-harga-konsumendan-inflasi-bulanan-indonesia-2005-2018.html

Desvina, A. P., & Desmita, E. 2015. Penerapan Metode Box-Jenkins Dalam Meramalkan Indeks Harga Konsumen Di Kota Pekanbaru. Jurnal Sains Matematika dan Statistika, 1(1), 39-47.

Nur Iriawan & Septin Puji Astuti. 2006. Mengolah Data Statistik dengan Mudah Menggunakan MINITAB 14. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Septiani, D. 2014. Penerapan Metode Moving average dan Exponential smoothing untuk Peramalan Penjualan Topping Extra Cheese.

Sudjana. 1986. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiarto, D. S. 2002. Metode Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Syahputra, R. D., Suharyono, S., &Supriono, S. 2018. Peramalan Penjualan Jasa Freight Forwarding dengan Metode Single Moving averages, Exponential smoothing dan Weighted Moving averages (Studi kasus pada PT Anugerah Tangkas Transportindo, Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis, 55(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.