Dinamika Pemberdayaan Masyarakat terhadap Kondisi Ekonomi Warga di Kelurahan Randusari Semarang

Nurul Juwariyah, Rahmatya Widyaswati, Rita Meiriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pengaruh dari kegiatan dan program pemberdayaan masyarakat di sekitar kelurahan Randusari Semarang dan seberapa besar kontribusinya dalam
meningkatkan tingkat ekonomi warga sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode kualitatif, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat Kelurahan Randusari dapat terlaksana dengan baik serta mendapat respon yang baik dari pastisipasi warga masyarakat yang terlibat dalam kegiatan.

Kata kunci: pemberdayaan, kampung pelangi, kondisi ekonomi

Abstract

The purpose of this study was to find out and explain how the influence of the activities and programs of community empowerment around the Randusari Semarang village and how much its contribution in improving
the economic level of the surrounding residents. This study uses a qualitative descriptive method approach. By using qualitative methods, the results of this study indicate that the economic empowerment of the community of Randusari Village can be carried out well and get a good response from the pasticipation of the community members involved in the activity.


Keywords


empowerment; pelangi village; economic conditions; participation

Full Text:

PDF

References


R.Randy, Wrihatnolo. 2007. Manajemen Pemberdayaan: Sebuah Pengantar dan Panduan untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta : PT. Elex Komputindo.

Kampung Tematik. 2018. (http://gerbanghebat.semarangkota.go.id/home/hal-tematik/). (diakses pada 18 Oktober 2018)

Basrowi dan Juariyah, Siti.2010. “Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur” dalam Jurnal Ekonomi dan Pendidikan,Vol.7 No.1.

Meleong, L. J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.