Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris Mahasiswa Magang di SMA Negeri 9 Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris mahasiswa magang di SMA Negeri 9 Semarang berdasarkan komponen RPP menurut
Permendikbud No.22 Tahun 2016. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa magang terhadap pembaharuan yang terjadi di dalam RPP revisi kurikulum 2013.Metode Penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah catatan dokumen dan wawancara berupa 4 (empat) RPP yang dibuat oleh mahasiswa
magang prodi Pendidikan Bahasa Inggris.Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian RPP Bahasa Inggris mahasiswa magang di SMA Negeri 9 Semarang masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkanoleh
tingkat pemahaman dan penguasaan materi RPP mahasiswa magang yang belum komperehensif.
Kata kunci: RPP, Kurikulum 2013, Mahasiswa magang
Abstract
This study aims at analyzing the appropriateness of prospective teachers’ lesson plan in SMA N 9 Semarang based on Permendikbud No.22 Tahun 2016. In addition, it also aims to find out the level of prospective teachers’ understanding to renewels in the lesson plan of revised curriculum 2013. The method of this research used qualitative descriptive methods.Interview and 4 document records of prospective teachers’ lesson plan in English Education Department were used to collect the data. The result showed that level appropriateness of prospective teachers’ lesson plan in SMA N 9 Semarangstill relatively low. It was caused by the level understanding and mastery of prospective teachers’ lesson plan that was not comprehensive.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ciwidey Valley. 2018. Kecakapanabad ke-21. Diaksestanggal 14 Agustus 2018 darihttp://binaan.belajarsepanjanghayat.id/sman1rongga/ipk_rpp_13.pdf
Harosid Harun. 2017. GambaranUmumKurikulum 2013 Revisi 2017.Diaksestanggal 14 Agustus 2018 darihttps://www.scribd.com/document/362166037/k13-revisi-pdf.
Mei Anggraini A, Fitriani L. 2017. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 7 Medan. Universitas Negeri Medan.
Mujahidil Mustaqim. 2017. Tingkat Pemahaman Calon Guru Terhadap Revisi Kurikulum 2013. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.
Pemerintah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Winaya, Kadek. 2015. “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menurut Kurikulum 2013 Kelas IV SD No. 4 Banyuasri” dalam e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSDVol. 3 No.1 .Singaraja.
Refbacks
- There are currently no refbacks.