Analisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Teks Naratif Dengan Menggunakan Teknik Silent Reading
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap materi bahasa Inggris dengan menggunakan teknik silent reading dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bahasa Inggris di
kelas XI-IPA 6 SMA Negeri 15 Semarang. Dalam penilitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan membagi kuesioner kepada parasiswa dan observasi lapangan.Hasil penelitian menunjukan
80% siswa dapat berkonsentrasi dalam membaca materi bahasa Inggris dengan menggunakan teknik silent reading.Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik silent reading dapat membantu siswa dalam memahami materi bahasaInggris teks narasi.
Kata kunci:silent reading, respon siswa, materi bahasa Inggris teks narasi
Abstract
The aims of this research is to know how useful the use of silent reading technique in improving the students’ understanding towards English materials in class XI-IPA 6SMA Negeri 15 Semarang. In this research, the researcher used descriptive qualitative method by distributing a questionnaire to the students and observing the class. The result of the research had shown that 80% of students could concentrate in reading English materials by using silent reading technique. It could be concluded that the use of silent reading technique could help the students in improving their understanding towards narrative text.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aizid, Rizem. 2011. Bisa Baca Secepat Kilat (Super Quick Reading). Yogyakarta: Buku Biru.
Dalman, 2011. Menulis Karya Ilmiah: Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional.2015.Undang—undang Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.
Farida.Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartono. 2013. Belajar Menerjemahkan: Teori dan Praktik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Hendrayadi. Metode Pengumpulan Data. [Online]. Tersedia di http://teorionline.wordpress.com/service/metodepengumpulan-data. Diakses pada tanggal 22 September 2017.
Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta. Gramedia.
Ridhuan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.
Tarigan, Henry. Guntur. 2008. Membaca SebagaiSuatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Widjono, Hs. 2008. Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta. Grasindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.