Implementasi Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi “Song”di SMA N Guntur Demak

Siti Lastari, Riana Eka Budiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Discovery Learning terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 di SMA N 1 Guntur, Demak. Metode yang digunakan dalam megumpulkan data adalah deskriptif kuantatif melalui observasi, kuisionair dan interview. Hasil dari observasi, kuisionair dan interview terhadap siswa menunjukan keaktifan siswa dalam merespon materi yang diberikan oleh guru di kelas. Keaktifan tersebut sebagian besar dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang di gunakan oleh guru. Keaktifan disini dapat berupa merespon pembelajaran, menyampaikan pendapat dan juga interaksi siswa, selain itu keaktifan siswa dalam
merespon materi juga dapat di gunakan sebagai bahan evaluasi dalam memperbaiki pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut.

Kata kunci: discovery learning, keaktifan, siswa

Abstract

The purpose of this research is to know the implementation of Discovery learning towards the students’ activeness in English class. The object of this research is the 10th grade IPS 1 students in SMA N 1 Guntur, Demak. It is a descriptive quatitative study which employ observation, questionnaire, and interview as method of collecting data. The result from the any observation, quistionaire and interview depict that the students’ activeness is occurred from students’ response towards the material given by their teacher in the class. Most of activeness are influenced by method used by teacher. Students’ activeness means students’ responses towards the material, students’ ability to deliver their arguments, and their interaction with their friends. Upon conducting this research, this is expected to be the basis of teacher’s evaluation to enhance his/her teaching skills.


Keywords


discovery learning; active; students

Full Text:

PDF

References


Cahyo, Ricky. (2016). Pebnerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK TEKNOSA SURAKARTA. Diakses tanggal 31 Agustus 2018 di http://eprints.ums.ac.id/46938/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Megasari, Fitri. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA 5 SMA N 1 MUARO JAMBI. Diakses tanggal 30 Agustus 2018 dari

http://repository.unja.ac.id/1523/1/ARTIKEL-A1D113036.pdf.

Nini, Subini, dkk. 2012. Psikologi Pembelajaran. Di dalam: Teori belajar dan penerapannya dalam pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka. Hlm 113-164.

Sabekti, Kharisma. (2017). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ssiswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Diakses tanggal 2 September 2018 dari

http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/13998/1/T1-702012108-

FULL%20text.pdf.

Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK N 1 SAPTOSARI. Diakses tanggal 31 Agustus 2018 di http://sitedi.uho.ac.id/uploads_sitedi/G2J115007_sitedi_JURNAL.pdf

Sa’diyah, Chalimatus 2016. Penggunaan Metode Sing To Play Sebagai Alternatif Pendidikan Bahasa Inggris yang Efektif Menyenangkan Pada Siswa Kelas Tiga Sekolah dasar di Desa Gangin Kota Semarang. Diakses pada tanggal 21 Oktober 2018 dihttp://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/

media/publication.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.