Pengembangan Aplikasi Chem Edu Materi Sistem Periodik Unsur Untuk Siswa SMA/MA Kelas X

Fitri Anisa, Endang Tri Wahyuni Maharani, Andari Puji Astuti

Abstract


Pengamatan pembelajaran di kelas menggunakan metode pembelajaran ceramah dan media pembelajaran berupa buku cetak dan lembar kerja siswa (LKS) masih menjadi sumber belajar utama berpengaruh dalam minat belajar siswa. Pembelajaran Penggunaan media pembelajaran yang menarik, inovatif, dan efektif dibutuhkan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pendidikan pada abad 21 menekankan pada pengembangan inovasi dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan IPTEK. Kemajuan teknologi digital saat ini mampu
mengkombinasikan media pembelajaran menjadi terintegrasi  antara beberapa unsur seperti teks, modul, audio, video, visual, games, dan animasi kedalam bentuk program multimedia berupa aplikasi. Materi sistem periodik unsur (SPU) merupakan materi yang abstrak, materi hafalan,  dan paling mendasar dalam ilmu kimia. Aplikasi Chemistry Education atau disingkat Chem Edu merupakan aplikasi yang dibuat sebagai media untuk mempermudah proses pembelajaran kimia siswa menjadi lebih menyenangkan dan dapat digunakan sebagai media evaluasi bagi guru.Software yang digunakan adalah macromedia flash program multimedia dan animasi.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi Chem Edu sebagai media pembelajaran untuk siswa SMA/MA kelas X yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4-D (four D-models). Uji coba kelayakan produk pada penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMAN 9 Semarang. Hasil validasi ahli materi menunjukkan media dalam kategori “sangat baik”, ahli media menunjukkan media dalam kategori “sangat baik” Respon guru menunjukkan media dalam kategori “sangat baik”, dan uji terbatas media menunjukkan media dalam kategori “sangat baik”.

Kata kunci: Penelitian pengembangan, media pembelajaran, macromedia flash, Chem Edu, sistem periodik unsur


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.