Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Studi Empiris pada UMKM di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang)

Fitriani Fitriani, Fatmasari Sukesti, Ida Kristiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendidikan pemilik usaha, umur usaha, omzet usaha, dan pengetahuan akuntansi pemilik perusahaan terhadap penggunaan informasi akuntansi studi pada UMKM di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang selama satu bulan dari Juli hingga Agustus 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.  Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer. Responden dalam penelitian ini berjumlah 87 manajer/pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi
Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan pemilik usaha, umur usaha, omzet usaha, pengetahuan akuntansi berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi. Tingkat pendidikan pemilik, umur usaha, omzet usaha, pengetahuan akuntansi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi.

Kata Kunci: Pendidikan pemilik, umur usaha, omzet usaha, pengetahuan akuntansi, penggunaan informasi akuntansi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.