Analisis Pengaruh Likuiditas, Leverage Dan Sales Growth Terhadap Financial Distress (Studi Kasus Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2014-2018)

Ahmad Burhanuddin, Andwiani Sinarasri, R. Ery Wibowo A S

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk menganalisis pengaruh likuiditas, leverage dan growth terhadap Financial Distress pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 sampai dengan 2018.  Jumlah sampel yang terpilih adalah sejumlah 125 amatan yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yang dikumpulkan melalui situs Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan
SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan likuiditas, leverage dan sales growth berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Sedangkan secara parsial likuiditas, leverage berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Dan sales growth tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress.  

Kata Kunci : Likuiditas, Leverage, Sales Growth,  Financial distress.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.