PEMASARAN DIGITAL USAHA KERIPIK IKAN WADER RAWA SALATIGA

Widaryanti Widaryanti, Luhgiatno Luhgiatno, Maduretno Widowati

Abstract


Keripik ikan wader adalah sejenis makanan yang dihasilkan dari para penyeberang rawa. Karena
ikan wader rawa memiliki nilai gizi yang tinggi, ikan ini dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan
untuk menyediakan makanan sehat dengan harga yang terjangkau untuk semua kelas sosial
ekonomi. Beberapa usaha keripik ikan rawa wader masih tergolong industri rumah tangga atau
usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). UKM “Kriwakz” merupakan salah satu UKM yang
menggarap keripik ikan wader rawa. UKM "Kriwakz" terletak di Salatiga, Indonesia, di Jalan Star
Regency nomor 1 gang Telampok. Metode produksi lama menggunakan penggorengan dan tungku
masih digunakan. Mitra telah menentukan harga jual kripik Kriwakz. Mitra telah menentukan harga
jual kripik Kriwakz. Karena tenaga kerja pemilik (suami-istri) belum diperhitungkan sebagai biaya
produksi, mitra belum cermat dalam menilai Harga Pokok Produksi dalam menetapkan harga jual
keripik Kriwakz. Keripik ikan wader Kriwakz dikemas menggunakan teknologi perekat sealer,
namun satu per satu dengan tangan. Karena UKM Kriwakz akan kebanjiran dalam memasok
konsumen jika permintaan besar, hal ini akan mengakibatkan proses pengemasan yang tidak efisien.
Permintaan keripik ikan Kriwakz saat ini semakin meningkat. Munculnya epidemi COVID-19 adalah
keuntungan bagi UKM Kriwakz, karena permintaan chip Kriwakz meroket. Konsumen lebih
memilih berbelanja secara online, sehingga pembeli kripik Kriwakz dapat ditemukan di seluruh
pelosok tanah air, dari Sabang hingga Merauke. Untuk membuat konten media sosial, UKM Kriwakz
membutuhkan tambahan penjelasan dan pelatihan di bidang digital marketing. Pertama,
pendampingan UKM Kriwakz dengan pemasaran digital, pelatihan pengembangan materi untuk
dibagikan di platform media sosial seperti Facebook dan Instagram yang lebih beragam dan dapat
menghipnotis orang untuk membeli. Kedua, untuk menangani kecepatan pelayanan penjualan
kepada konsumen, peralatan packing otomatis harus dibeli. Peningkatan omzet penjualan, kuantitas
produk, penjelasan, dan keterampilan merupakan contoh pencapaian output PKMS ini.
Kata Kunci : Keripik Ikan Wader Rawa; Pemasaran Digital; Alat Pengepakan Otomatis,
Peningkatan Penjualan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.