Penerapan Lembar Kerja Mandiri Terintegrasi Pendekatan Kontruktivisme Dengan Permainan Teka Teki Silang Modifikasi Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 38 Padang

Dewi Devita

Abstract


Matematika yang terkesan berisi simbol-simbol dan verbalisme merupakan tantangan tersendiri bagi
guru matematika. Terutama di sekolah, siswa harus didekatkan dengan hal-hal yang bersifat konkret
dalam penanaman konsep dasar. Karena siswa secara psikologi masih suka bermain, maka guru
harus masuk pada dunia anak untuk pencapaian yang optimal. Tetapi kenyataanya, guru masih
menyampaikan materi secara monoton sehingga masih banyak siswa yang mengalami kesulitan
dalam belajar matematika. Ketersediaan bahan ajar yang dapat memotivasi siswa belajar
matematika juga tidak ada. Untuk itu kami tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas
Putra Indonesia YPTK Padang melakukan pengabdian dalam bentuk sosialisasi penerapan lembar
kerja mandiri terintegrasi pendekatan kontruktivisme dengan pemainan teka teki silang modifikasi
pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 38 Padang. Kegiatan ini merupakan implementasi
dari hasil penelitian yang sebelumnya sudah dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat. Tujuan
utama kegiatan pengabdian ini adalah dapat membantu meningkatkan motivasi dan pemahaman
belajar matematika siswa. Dalam kegiatan ini metode yang digunakan adalah penerapan lembar
kerja mandiri terintegrasi pendekatan kontruktivisme dengan permainan teka teki silang modifikasi
pada pembelajaran matematika siswa. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah siswa merasa senang
dan lebih termotivasi untuk belajar matematika.

Kata kunci : lembar kerja mandiri, kontruktivisme, teka teki silang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.