Pendampingan Wisata Pendidikan (Edu-Wisata) Untuk Peningkatan Kualitas Pemandu Wisata Berbasis Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Paska Pandemi Covid-19

Dwi Ario Fajar, Susanto Susanto, M. Fajru Sidqi

Abstract


Bidang pariwisata merupakan salah satu bidang yang terdampak dalam pandemi Covid-19 di
Indonesia. Pariwisata merupakan salah satu sumber pemasukkan yang memiliki peran penting di
masyarakat. Peningkatan sumber daya pemandu wisata dalam pendidikan karakter dan kearifan
lokal, menjadi sangat penting dalam peningkatan kualitas wisata pendidikan di Kabupaten
Pekalongan. Pendidikan karakter menjadi poin penting dalam kegiatan wista pendidikan. Sementara
ini muncul berbagai macam bentuk tempat wisata baru di Kabupaten Pekalongan. Hal ini
dikarenakan berimbasnya bahwa setiap desa harus memiliki Bumdes. Sehingga kebanyakan Bumdes
di Kabupaten Pekalongan membuat pendapatan mandiri dengan membuka tempat wisata. Di
beberapa tempat, tidak semua tempat wisata dimiliki atau dikelola oleh Bumdes, tetapi dikelola oleh
perorangan. Namun tempat wisata baru nampaknya kurang mendapat pendampingan terutama
dalam hal edu wisata.
FKIP Universitas Pekalongan menangkap potensi ini dengan mengadakan kerjasama dengan PKBM
An Nur. Sebagai salah satu tindak lanjut kerjasama ini terutama bidang pengabdian kepada
masyarakat maka perlu dilakukan Pelatihan dan Pendampingan Wisata  Pendidikan (Edu-wisata)
untuk Peningkatan Kualitas Pemandu Wisata Berbasis Pendidikan Karakter di Kabupaten
Pekalongan Paska Pandemi Covid-19 sehingga diharapkan tempat wisata yang ada di kabupaten
Pekalongan terdapat nilai pendidikan karakter yang dapat memberi manfaat untuk generasi
mendatang.
Kata Kunci : wisata pendidikan, pendidikan karakter, kearifan lokal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.