Kesantunan Bahasa dalam Literasi Media Sosial pada Peserta Didik SMK Perdana Semarang

Anandha Anandha, Enggar Dhian Pratamanti, Tatas Transinata

Abstract


Setiap orang memiliki media sosial pribadi dengan mudah mengunggah narasi, foto, maupun video
melalui akun media sosial masing-masing. Berlakunya sistem belajar daring pada masa pandemi
membuat peserta didik kurang memiliki interaksi social sehingga mempengaruhi perkembangan
karakter mereka. Permasalahan yang muncul kemudian adalah kurangnya kesantunan berbahasa
dalam berliterasi di media sosial. Hal ini dapat dilihat pada interaksi di media social banyak ditemukan
diksi yang kurang tepat. Tujuan pengabdian ini adalah peningkatan kemampuan berliterasi di media
social bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Perdana Semarang. Dengan memiliki
kesantunan bahasa dalam berliterasi, peserta didik dapat menggunakan media sosial dengan bijak.
Metode diskusi dan sosialisasi digunakan dalam pengabdian ini. Hasil pengabdian adalah
meningkatnya pengetahuan dan kemampuan para peserta didik SMK Perdana Semarang untuk lebih
santun berliterasi di media sosial.
Kata Kunci: kesantunan bahasa, literasi media sosial, SMK Perdana Semarang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.