Penerapan Gamifikasi Mechanics, Dynamics and Aesthetics Untuk Pengenalan Mawaris Berbasis Mobile
Abstract
Banyak sekali kasus perpecahan keluarga pada saat pembagian harta warisan. Selain itu kurangnya pemahaman dari setiap orang akan hak dan bagian yang didapatkannya menjadi faktor terbesar dalam masalah pembagian warisan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan ilmu mawaris pada siswa sekolah menengah dan mahasiswa dengan mengimplementasikan metode gamifikasi mechanics, dynamics dan aesthetics. Peneliti menggunakan pendekatan software development life cycle waterfall dengan tujuan untuk memudahkan tahap pembuatan sistem. Aplikasi ini dilakukan tes kepada 9 orang yang merupakan pelajar yang sedang menempuh kuliah dengan kisaran umur 20 hingga umur 23, data ini diambil secara acak menggunakan penyebaran kuesioner di media sosial dengan tujuan untuk mengetahui pengalaman pengguna. Aplikasi ini juga divalidasi oleh ahli materi dan ahli media Universitas Darussalam Gontor dan menghasilkan beberapa masukkan. Hasil dari penelitian ini adalah
pengembangan sebuah sistem pengenalan yang terimplementasi metode gamifikasi di dalamnya..
Kata Kunci : gamifikasi, mawaris, mobile.
pengembangan sebuah sistem pengenalan yang terimplementasi metode gamifikasi di dalamnya..
Kata Kunci : gamifikasi, mawaris, mobile.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.