Pengembangan Mini Ragum untuk Mesin Gerinda Datar & CNC EDM

Widodo Widodo, Joel Anggara Surbakti

Abstract


Ragum adalah alat genggam yang dipasang pada meja kerja dengan dua rahang penjepit untuk menahan objek kerja tetap di tempat. Nama lain dari ragum adalah tanggem, perkakas ini digunakan pada beberapa jenis mekanik baik untu pengerjaan logam maupun kayu. Ragum berfungsi sebagai perkakas yang digunakan untuk mencengkam objek kerja agar tidak bergeser atau terlepas ketika proses pengerjaan sedang berlangsung. Ini membahas tentang bagaimana ragum mini yang di desain ulang untuk memudahkan pengerjaan benda kerja pada mesin EDM dan mesin Grinding. Pertama menyiapkan material dengan ukuran 65mm X 30mm X 26mm menggunakan mesin milling dan finishing dengan mesin grinding untuk badan ragum, material ukuran 26mm X 26mm X 15mm. Setelah itu
membuat drawing menggunakan aplikasi CAD 2020. Kemudian mengerjakan bada ragum terlebih dahulu melalui proses milling dan grinding, dan juga untuk membuat slot tengah pada benda kerja menggunakan mesin Wire-Cut dan EDM. Pada bagian rahang gerak ragum dilakukan melalui proses milling, drilling dan grinding. Selanjutnya membuat penahan screw agar rahang gerak dapat bergerak.
Yaitu dengan meggunakan material dengan diameter 11mm dengan panjang 15mm. Proses pengerjaannya menggunakan alat bantu puch former pada mesin grinding untuk mengurangi diameter.
Setelah semua bagian selesai, selanjutnya proses penggabungan benda kerja. Jika bentuk benda yang ingin di cekam silindris, maka minimal diameter yang bisa di cekam adalah 0.8 mm dan maksimal 6mm.
Setelah ragumnya jadi, kemudian akan melakukan pengujian terhadap ragum berfungsi dengan baik atau tidak. Desain ulang suatu produk agar fungsinya menjadi lebih baik, cepat dan akurat, dapat dijadikan media pembelajaran yang baik di suatu institut. Karena dapat memunculkan kreativitas mahasiswa/i.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.