Mengukur Kepuasan Pelanggan Pada Penggunaan Aplikasi E-PAM Mandiri DKM Masjid AT-TAQWA Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS)

Bei Harira Irawan, Faiz Irsyad Prasetyo, Manase Sahat H Simarangkir, Deddy Prihadi, , M. Siddik Erdi W

Abstract


Aplikasi E-PAM Mandiri DKM Masjid AT-TAQWA merupakan aplikasi yang dibuat sebagai bentuk pengembangan program ekonomi ummat dalam bentuk pengadaan air bersih yang disalurkan ke rumah-rumah warga oleh DKM Masjid dan sudah digunakan selama kurun waktu 1 tahun dari
September 2021 sampai September 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap penggunaan aplikasi ini. Responden berjumlah 84 diukur menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) menggunakan variabel content, format, accuracy, timeliness dan ease of use. Hasil yang diperoleh terlihat variabel content memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu 3,567 yang berisi aspek-aspek yang berhubungan dengan nilai informasi histori penggunaan air, grafik dan informasi reset meteran air. Variabel format memiliki nilai rata-rata terendah yaitu 3,397 yang berisi aspek-aspek desain halaman web meliputi warna, layout dan struktur menu yang harus diperbaiki tampilannya, sehingga disarankan agar desain tampilan ini dapat diperbaiki ulang.
Kata Kunci : kepuasan pelanggan, end-user computing satisfaction, variabel content, variabel format


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.