PKM IRT Rizky Indah Bontang Dalam Menggunakan Teknologi ECommerce Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk Industri Rumah Tangga

Rio Jumardi, Sri Handani Widiastuti, Deanita Sari

Abstract


Industri Rumah Tangga (IRT) yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari UMKM di Indonesia dinilai sebagai sector yang dapat menopang perekonomian  bangsa dan dianggap berpengaruh dalam pemberian kesempatan kerja untuk masyarakat sekitar. Salah satu IRT yang ada di Kota Bontang adalah IRT Rizky Indah yang bergerak dibidang produksi cemilan dan makanan ringan khas Kota Bontang. Permasalahan yang saat ini dihadapi oleh IRT Rizky Indah adalah kesulitan mengakomodir pesanan baik dari konsumen dalam kota maupun dari luar kota. Pemasaran yang
dilakukan juga masih terbatas pada ruang dan waktu sehingga diperlukan alternatif lainnya yang dapat digunakan oleh calon konsumen untuk memesan produk Rizky Indah dimana dan kapan saja. Strategi pemasaran berbasis teknologi informasi menggunakan internet dapat digunakan sebagai Langkah yang dapat dilakukan IRT Rizky Indah untuk bertahan ditengah Pandemi Covid-19. Tahapan pengabdian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap pelaksanaan mengadopsi metode RUP yang terdiri dari fase inception, elaboration, construction serta transition. Tim pengabdian telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada mitra IRT Rizky indah dengan melakukan beberapa kegiatan diantaranya, pengembangan aplikasi ecommerce
yang dapat diakses secara online, serta kegiatan pendampingan penggunaan, pengelolaan dan perawta e-ceommerce IRT Rizky Indah.
Kata Kunci : E-Commerce, IRT, Pemasaran, UMKM





Keywords


E-Commerce, IRT, Pemasaran, UMKM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.