PKM Pengelolaan Objek Wisata Melalui Pengemasan Paket Wisata Berbasis Virtual Reality Tour di Desa Wisata Perancak
Abstract
Salah satu destinasi wisata yang ada di Bali adalah Desa Wisata Perancak di Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana. Objek wisata Desa Perancak di Jembrana atau kawasan Bali Barat belum begitu populer menjadi tujuan wisata ataupun tour bagi wisatawan yang sedang liburan ke pulau
Dewata Bali, walaupun pesona wisata yang ditawarkan sangat menarik untuk dinikmati. Pada era New-Normal akibat dari Pandemi Covid-19 serta perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat pengelolaan objek wisata harus disesuaikan dengan perkembangan tersebut. Pengelolaan
objek wisata harus dikemas dengan baik dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk Pandemi Covid-19. Sedangkan dari aspek teknologi harus dikembangkan virtual tour untuk mengenalkan objek Desa Wisata Perancak sehingga calon wisatawan bisa memperoleh gambaran
objek wisata yang akan dikunjungi. Permasalahan yang dihadapi mitra dalam mengelola Desa Wisata Perancak adalah pada bidang produksi yaitu pengemasan dan pemasaran paket wisata. Tahapan pelaksanaan kegiatan dalam program ini adalah meliputi: identifikasi permasalahan mitra, analisa permasalahan, pelaksanaan program, dan pendampingan dan monitoring. Luaran yang diharapkan dalam program kemitraan masyarakat ini adalah sebagai berikut: peningkatan kemampuan mitra dalam menyajikan paket wisata di Desa Wisata Perancak menggunakan
teknologi virtual reality, dan peningkatan kemampuan anggota dalam melakukan pemasaran digital.
Kata Kunci : virtual reality tour; desa wisata.
Dewata Bali, walaupun pesona wisata yang ditawarkan sangat menarik untuk dinikmati. Pada era New-Normal akibat dari Pandemi Covid-19 serta perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat pengelolaan objek wisata harus disesuaikan dengan perkembangan tersebut. Pengelolaan
objek wisata harus dikemas dengan baik dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk Pandemi Covid-19. Sedangkan dari aspek teknologi harus dikembangkan virtual tour untuk mengenalkan objek Desa Wisata Perancak sehingga calon wisatawan bisa memperoleh gambaran
objek wisata yang akan dikunjungi. Permasalahan yang dihadapi mitra dalam mengelola Desa Wisata Perancak adalah pada bidang produksi yaitu pengemasan dan pemasaran paket wisata. Tahapan pelaksanaan kegiatan dalam program ini adalah meliputi: identifikasi permasalahan mitra, analisa permasalahan, pelaksanaan program, dan pendampingan dan monitoring. Luaran yang diharapkan dalam program kemitraan masyarakat ini adalah sebagai berikut: peningkatan kemampuan mitra dalam menyajikan paket wisata di Desa Wisata Perancak menggunakan
teknologi virtual reality, dan peningkatan kemampuan anggota dalam melakukan pemasaran digital.
Kata Kunci : virtual reality tour; desa wisata.
Keywords
virtual reality tour; desa wisata.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.