Pemasaran Usaha Penggilingan Daging H. Mujiono Daya di Kota Makassar

- Haslinah, Andi Haslindah, - Ernawati

Abstract


Usaha Penggilingan Daging merupakan salah satu usaha kecil menengah (UKM) yang berperang penting dalam perekonomian nasional. Di daerah Makassar khususnya pasar Daya banyak terdapat usaha penggilingan daging, menyebabkan ketatnya persaingan, salah satunya milik H. Mujiono. Pemasaran Usaha ini masih konvensional yang artinya mengandalkan konsumen yang datang ke pasar. Tujuan dari penelitian yaitu mengembangkan pemasaran usaha penggilingan daging untuk
dapat lebih mandiri secara ekonomi. Metode atau strategi pelaksanaan PKM adalah memberikan pelatihan mengenai manajemen usaha, pelatihan pemasaran dan promosi produk adonan terhadap aneka masakan. Hasil dari pelatihan yang diberikan kepada mitra adalah meningkatnya
pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya menyusun strategi pemasaran dalam sebuah usaha apapun yang dikategorikan paham, sedikit paham dan tidak paham, dan juga pemanfaatan media
sosial sebagai strategi pemasaran berbasis IT serta adanya peningkatan pengetahuan mitra dalam manajemen usaha terutama dalam Menata struktur manajemen usaha yang lebih rapi dengan SOP
masing-masing elemen yang jelas, dengan target kegiatan yang terukur dan diharapkan volume penjualan untuk perluasan akses pemasaran usaha penggilingan daging H. Mujiono dan adanya promosi produk olahan adonan daging terhadap aneka makanan masyarakat lebih tertarik.
Kata kunci : Strategi, Pemasaran, Manajemen, Media, Sosial.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.