PKMS Kelompok Guru SD Negeri Inpres Vim 1 Kotaraja Jayapura dalam Meningkatkan Kompetensi Penerapan Pembelajaran Daring

Syari Rukmana Wahab, Abd. Rachman Dayat, Liza Angriani

Abstract


Di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, mewajibkan Sekolah harus menggunakan media pembelajaran daring atau e-Learning, namun karena keterbatasan pengetahuan para guru di SD Negeri Inpres Vim 1 Kotaraja Jayapura yang sebagian besar masih belum dapat memanfaatkan
aplikasi pembelajaran daring menyebabkan proses belajar mengajar hanya dilakukan dalam satu arah, yaitu menggunakan aplikasi Whatsapp untuk mengirimkan materi dan tugas. Hal ini menjadi kendala untuk mengawasi dan mengetahui sejauh mana materi dapat diserap oleh para siswa. Tujuan
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penerapan pembelajaran daring di sekolah tersebut. Metodenya adalah melakukan pendampingan baik teori
maupun praktek secara langsung kepada para guru di SD Negeri Inpres Vim 1 Kotaraja Jayapura. Ada sebanyak 15 orang Guru yang mengikuti pendampingan, mulai dari Guru Kelas 1 hingga Kelas 6, baik
Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran Khusus. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para guru untuk mendapatkan umpan balik yang akan menjadi perbaikan pada pelaksanaan kegiatan berkelanjutan nantinya. Hasil yang telah dicapai setelahkegiatan tersebut adalah adanya peningkatan pemahaman para peserta (guru) sebesar 27,67% dalam menggunakan Google Classroom.
Kata Kunci: Google Classroom, Google Education, Kompetensi Guru, LMS, Pembelajaran Daring.



Keywords


Google Classroom, Google Education, Kompetensi Guru, LMS, Pembelajaran Daring.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.