Pengaruh Variasi Produk, Harga, Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada Konsumen Minuman Kekinian Zoomboba Tlogomulyo)

Anisa Khuswatun, Yuliati Yuliati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Variasi Produk, Harga, dan Customer Experience berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 126 responden pada konsumen minuman kekinian Zoomboba Tlogomulyo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada konsumen minuman kekinian Zoomboba Tlogomulyo dengan menggunakan link google form yang disebarkan melalui aplikasi WhatsApp. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling yaitu peneliti memilih sampel purposive secara
subjektif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan melihat nilai statistik t, statistik F, dan koefisien determinasi (R Square). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Variasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan nilai thitung 8,325 > ttabel 1,9797 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Variabel Harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan nilai thitung 1,596 <  ttabel 1,9797 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,113. Sedangkan variabel Customer Experience berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan nilai thitung 2,089 > ttabel 1,9797 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,039.  Secara simultan atau bersama-sama Variasi Produk, Harga, dan Customer Experience bepengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan nilai Fhitung 95,368 > Ftabel 2,68 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Dan koefisien determinasi (Adjusted R Square) diperoleh nilai sebesar 0,694. Hal ini berarti bahwa 69,4% dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen yaitu Variasi Produk, Harga, dan Customer Experience. Dan sisanya sebesar 30,6% dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak ada dalam penelitian ini.
Kata kunci : Produk, Harga, Customer Experience, Pembelian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.