Peningkatan Daya Saing dan Strategi Usaha Untuk Kelompok Ibu Rumah Tangga yang Tergabung Dalam Usaha Jahit “Yuni Phea” Di Kecamatan Siantar Selatan Kota Pematang Siantar
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pra survei di lapangan, wawancara, dan pengamatan terhadap Mitra, dapat diidentifikasi beberapa permasalahan prioritas yang dihadapi mitra diantaranya, masih lemahnya manajemen organisasi terkait efektivitas kerjasama tim ibu rumah tangga dan juga
pengurus kelompok dalam aktivitas kegiatannya. Kemudian kapasitas produksi yang terbatas dikarenakan kurangnya ketersediaan mesin jahit, sehingga anggota masih memanfaatkan mesin sesama anggota yang dimiliki dan sudah berusia cukup tua yang menyebabkan kapasitas produksi terbatas. Market share yang belum diidentifikasi dengan jelas dan upaya promosi yang belum optimal melalui media digital yang diakibatkan belum pahamnya pengetahuan mengenai strategi
pemasaran dan penggunaan media pemasaran. Indikator keberhasilan kegiatan Pengabdian ini berupa peningkatan kapasitas produksi pada mitra yakni mitra berhasil memproduksi hasil kerajinan dalam jumlah yang lebih banyak dan memiliki spesifikasi yang lebih jelas. peningkatan
manajemen usaha pada mitra yakni, telah diterapkannya dan terciptanya tim kerja yang kohesif serta implementasi strategi pemasaran pada usaha dengan ditunjukkan kenaikan omset.
Kata Kunci: Daya Saing, Strategi Usaha, Usaha Jahit
pengurus kelompok dalam aktivitas kegiatannya. Kemudian kapasitas produksi yang terbatas dikarenakan kurangnya ketersediaan mesin jahit, sehingga anggota masih memanfaatkan mesin sesama anggota yang dimiliki dan sudah berusia cukup tua yang menyebabkan kapasitas produksi terbatas. Market share yang belum diidentifikasi dengan jelas dan upaya promosi yang belum optimal melalui media digital yang diakibatkan belum pahamnya pengetahuan mengenai strategi
pemasaran dan penggunaan media pemasaran. Indikator keberhasilan kegiatan Pengabdian ini berupa peningkatan kapasitas produksi pada mitra yakni mitra berhasil memproduksi hasil kerajinan dalam jumlah yang lebih banyak dan memiliki spesifikasi yang lebih jelas. peningkatan
manajemen usaha pada mitra yakni, telah diterapkannya dan terciptanya tim kerja yang kohesif serta implementasi strategi pemasaran pada usaha dengan ditunjukkan kenaikan omset.
Kata Kunci: Daya Saing, Strategi Usaha, Usaha Jahit
Keywords
Daya Saing, Strategi Usaha, Usaha Jahit
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.