Pendidikan Karakter Anak Pasca Pandemi (Peningkatan Kualitas Edukasi Anak-Anak dalam Lingkungan Keluarga di Kecamatan Winong Kabupaten Pati, Jawa Tengah)

Hidayatus Sholihah, A. Zaenurrosyid

Abstract


Keluarga   menjadi   figur   inti   dalam   pengasuhan   anak   untuk   membesarkan   dan mendidiknya dengan baik. Oleh karena itu, Para orang tua penting menerapkan aturan yang positif dalam mengasuh dan juga menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak-anak. Model
kepengasuhan anak sangat berhubungan dengan kemampuan keluarga di dalam memberikan perhatian secara penuh baik waktu, dukungan secara fisik secara sosial, dan mental anak-anak yang mengalami proses tumbuh kembali. Bentuk dari pengasuhan yang lahir dari kondusifnya sebuah lingkungan bermain akan sangat menentukan pola pikir ataupun kebiasaan bahkan keterampilan atau skill di dalam menjalani kehidupan yang  lebih  nyata dengan  berbagai  gejolak  kompetisi  ataupun interaksi dengan sesamanya secara dinamis. Kondisi demikian menjadikan
proses jalinan interaksi antara satu dengan yang lain berketerusan sebagai sebuah jalinan yang saling mendukung antara perkembangan anak baik secara fisik ataupun mental dengan harapan baik dari orang tua. Diperlukan bentuk pelatihan yang di-follow up dengan program-program bagi orang tua kiranya mereka berdaya mandiri melakukan pendampingan dan membimbing anak, khususnya pasca hadirnya dampak-dampak pandemi bagi pendidikan karakter anak.
Kata Kunci: Pendampingan Anak, Keluarga, Pendidikan Karakter, Pasca Pandemi.

Keywords


Pendampingan Anak, Keluarga, Pendidikan Karakter, Pasca Pandemi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.