Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Menengah, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial, Perilaku Belajar, Dan Budaya Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh latar belakang pendidikan menengah, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, perilaku belajar, dan budaya belajar terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Data diambil dari hasil kuisioner masingmasing variabel yang diberikan kepada responden, yaitu mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. untuk menentukan sampel penelitian apabila subyeknya kurang dari 100
lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukkan Ada perbedaan yang signifikan pemahaman akuntansi mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berasal dari lima latar belakang pendidikan menengah, yakni SMA IPA, IPS, Bahasa, SMK, dan MA. Kecerdasan emosional dan sosial tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi, sedangkan perilaku dan budaya belajar berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kata Kunci : latar belakang pendidikan menengah, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, perilaku belajar, budaya belajar, pemahaman akuntansi.
lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukkan Ada perbedaan yang signifikan pemahaman akuntansi mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berasal dari lima latar belakang pendidikan menengah, yakni SMA IPA, IPS, Bahasa, SMK, dan MA. Kecerdasan emosional dan sosial tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi, sedangkan perilaku dan budaya belajar berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kata Kunci : latar belakang pendidikan menengah, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, perilaku belajar, budaya belajar, pemahaman akuntansi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.