Peningkatan Kemampuan Speech Dalam Bahasa Inggris Dengan Metode Communicative Language Teaching

Hasrida Ardin, Non Abdin, Arini Setianingrum, Muh. Al Azhar, - Ridwan

Abstract


Metode pembelajaran Communicative Language Teaching (CLT) atau biasa disebut dengan metode pembelajaran komunikatif. Metode ini mencakup beberapa kemampuan berbahasa yaitu reading, listening, conversation dan grammar. Metode CLT dinilai mampu mengembangkan kopetensi
peserta didik untuk dapat menggunakan Bahasa inggris dalam berkomunikasi. Pengabdian ini penting dilakukan, mengingat pasca-pandemi pemahaman Bahasa inggris peserta didik mengalami
penurunan akibat pembelajaran online. Program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di SMA N 1 Baubau yang bertujuan untuk meningktakan kemampuan siswa dalam berpidato menggunakan bahasa inggris. Pelaksanaan pengabdian dilakukan melalui beberapa tahapan:
observasi, koordinasi pihak terkait, sosialisasi kegiatan dan implementasi kegiatan. Hasil pelaksanaan pengabdian yakni dengan mengukur beberapa keterampilan bahasa inggris siswa seperti kemampuan Grammar meningkat dari 7.95 menjadi 12.27, Ekspresi dan Intonasi meningkat
dari 7.23 menjadi 13.36, Artikulasi dan vocabulary meningkat dari 7.09 menjadi 13.82, Reading meningkat dari 6.91 menjadi 14.13, Komunikatif meningkat dari 7.22 menjadi 17.04, dan Speech meningkat dari 10.32 menjadi 17.09. Selanjutnya hasil uji t menggunakan aplikasi SPSS versi 26
menunjukkan bahwa pelakasnaan proses belajar menggunakan metode Communicative Language Teaching berpengaruh signifikan pada peningkatan kemampuan grammar dan speech siswa yang ditunjukan dengan nilai sig. < 0,05.
Kata Kunci : CLT, Speech, bahasa inggris.



Keywords


CLT, Speech, bahasa inggris.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.