PERBEDAAN LAMA PERSALINAN IBU BERSALIN YANG DIBERIKAN SUSU FORMULA DAN TEH

Siti Nur Umariyah Febriyanti, Putri Harsup Moita

Abstract


Latar Belakang : Kekuatan ibu mengedan bisa lebih optimal dengan pemberian makanan tambahan berupa nutrisi cair yang dimulai sejak kehamilan trimester III akhir, dilanjutkan sampai pada masa
persalinan kala I. Tujuan: Untuk menganalisis  perbedaan lama persalinan ibu bersalin yang diberikan susu formula dan teh di Klinik “E” kota Semarang. Metode: penelitian Quasy Experiment dengan rancangan post test only control group design. Hasil : Dari 40 responden ibu bersalin yang diberikan susu formula dengan rata-rata lama persalinan 8,95 jam sedangkan ibu bersalin yang diberikan teh dengan rata-rata lama persalinan 10,90 jam berdasarkan analisa bivariat dengan menggunakan uji statistik independent t-test maka didapatkan nilai p value sebesar 0,000 (nilai probabilitas (p) <α (0,05)), maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan lama persalinan ibu bersalin yang diberikan susu formula dengan teh di Klinik “E” Kota Semarang.
Kesimpulan : Ada perbedaan yang signifikan antara lama persalinan ibu bersalin yang diberikan susu formula dan teh di Klinik “E” Kota Semarang.

Keywords


Kata kunci: Lama Persalinan, mengedan, Susu Formula, Teh.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.