Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Konten Pembelajaran Video Youtube di Gugus Unique
Abstract
Pengabdian mastarakat ini melibatkan salah satu gugus Sekolah di PKG Kecamatan Paal Merah, Kota
Jambi sebagai mitra. Gugus Unique yang merupakan gabungan dari 7 Sekolah yang masuk ke dalam
satu rumpun. Kegiatan ini berlangsung selama 4 bulan, mulai dari tahapan persiapan bulan Juli,
pelatihan bulan Agustus, dan pendampingan bulan September dan Oktober. Para guru di gugus
sekolah ini banyak mengalami kendala dan kesulitan dalam masa-masa pandemic covid-19 yang
telah merubah sistem pendidikan di Indonesia yang semula kebanyakan dilakukan secara tatap
muka menjadi online atau daring. Guru belum begitu paham memanfaatkan teknologi. Pengabdian
ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yang dilakukan melalui beberapa tahapan, di
antaranya tahapan persiapan bahan ajar, pelatihan/workshop mengenai Pembuatan Media
Pembelajaran Video, mengedit video yang telah dibuat dengan menggunakan aplikasi Kinemaster
serta melatih para guru menggunakan Youtube dalam menyebarkan videonya. Setelah pelatihan,
akan dilakukan sesi pendampingan selama kurang lebih 8 minggu. Tiap-tiap video akan direview
setiap minggunya. Tiap video akan diberikan review terkait kelebihan dan kekurangannya untuk
menjadi perbaikan kedepannya. Dari hasil survey ditemukan adanya peningkatan yang signifikan
dalam pengetahuan mitra bila dibandingkan saat awal kegiatan dan setelah diadakannya pelatihan.
Diawal kegiatan mitra masih merasa bingung mengenai cara membuat video pembelajaran, mereka
baru mengenal apa itu aplikasi Kinemaster, dan bagaimana cara membuat akun youtube dan cara
upload video di akun masing-masing. Setelah dilaksanakannya PKMS ini, para guru mulai mampu
mengoperasikan dan memanfaatkan teknologi dengan maksimal. Mereka mampu menciptakan
media pembelajaran video, mengedit video, dan menyebarkannya menggunakan Youtube..
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video, Youtube, Teknologi, KineMaster
Jambi sebagai mitra. Gugus Unique yang merupakan gabungan dari 7 Sekolah yang masuk ke dalam
satu rumpun. Kegiatan ini berlangsung selama 4 bulan, mulai dari tahapan persiapan bulan Juli,
pelatihan bulan Agustus, dan pendampingan bulan September dan Oktober. Para guru di gugus
sekolah ini banyak mengalami kendala dan kesulitan dalam masa-masa pandemic covid-19 yang
telah merubah sistem pendidikan di Indonesia yang semula kebanyakan dilakukan secara tatap
muka menjadi online atau daring. Guru belum begitu paham memanfaatkan teknologi. Pengabdian
ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yang dilakukan melalui beberapa tahapan, di
antaranya tahapan persiapan bahan ajar, pelatihan/workshop mengenai Pembuatan Media
Pembelajaran Video, mengedit video yang telah dibuat dengan menggunakan aplikasi Kinemaster
serta melatih para guru menggunakan Youtube dalam menyebarkan videonya. Setelah pelatihan,
akan dilakukan sesi pendampingan selama kurang lebih 8 minggu. Tiap-tiap video akan direview
setiap minggunya. Tiap video akan diberikan review terkait kelebihan dan kekurangannya untuk
menjadi perbaikan kedepannya. Dari hasil survey ditemukan adanya peningkatan yang signifikan
dalam pengetahuan mitra bila dibandingkan saat awal kegiatan dan setelah diadakannya pelatihan.
Diawal kegiatan mitra masih merasa bingung mengenai cara membuat video pembelajaran, mereka
baru mengenal apa itu aplikasi Kinemaster, dan bagaimana cara membuat akun youtube dan cara
upload video di akun masing-masing. Setelah dilaksanakannya PKMS ini, para guru mulai mampu
mengoperasikan dan memanfaatkan teknologi dengan maksimal. Mereka mampu menciptakan
media pembelajaran video, mengedit video, dan menyebarkannya menggunakan Youtube..
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video, Youtube, Teknologi, KineMaster
Keywords
Media Pembelajaran, Video, Youtube, Teknologi, KineMaster
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.