Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Akademik Dengan Kepuasan Mahasiswa Jurusan Sosiologi Universitas Bengkulu

Heni Nopianti, Sumarto Widiono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian mahasiswa terhadap kualitas layanan akademik Jurusan Sosiologi Universitas Bengkulu. Penilaian terhadap kualitas pelayanan akademik tersebut diukur dari tingkat kepuasan mahasiswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti memilih menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara.
Teknik proportionate stratified random sampling dipilih untuk menentukan responden dengan kriteria yaitu sampel berstatus aktif sebagai mahasiswa di Jurusan Sosiologi UNIB yang dikelompokkan berdasarkan tahun angkatan. Setelah dilakukan penghitungan dan menemukan jumlah sampel dari masing-masing strata maka penentuan responden dengan cara random/acak (simple random sampling). Total sampel dalam penelitian berjumlah 178 responden. Teknik olah data melalui prosedur reduksi data, editing, coding dan tabulating. Data yang diperoleh dianalisis
secara statistik berbasis tendensi sentral, persentase, dan penyajiannya melalui tabulasi distribusi tunggal maupun grafis. Guna mengetahui hubungan antar variabel, peneliti menggunakan uji statistik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan
mahasiswa Sosiologi Universitas Bengkulu terhadap pelayanan akademik Jurusan Sosiologi Universitas Bengkulu berada pada kategori cukup puas dengan tingkat layanan kepentingan pada kategori penting. Nilai mean pada aspek reliability 3,23; responsiveness 3,26; empathy 3,24;
assurance 3,36; dan tangible 3,42.  Hasil uji korelasi dengan Product Moment menunjukkan ada hubungan antara pelayanan akademik jurusan Sosiologi UNIB dengan Kepuasan mahasiswa.

Kata kunci : Kepuasan, Kualitas, Layanan Akademik, Mahasiswa,

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.