Peningkatan Kapasitas Pengrajin Caping Melalui Strategi Diversifikasi Produk dan Digital Marketing

Marti Widya Sari, Firdiyan Syah, Ginanjar Setyo Nugroho

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat dilaksanakan di Dusun Bendo, Desa Beji yang terletak di Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah petani dan pembuat kerajinan. Salah satu kerajinan yang
berkembang adalah kerajinan caping yang terbuat dari anyaman bambu. Banyak kelompokkelompok kecil pengrajin caping yang berada di dusun
ini, dan kebanyakan adalah ibu-ibu. Kerajinan  yang dihasilkan berupa caping, karena memang ada pesanan dari tengkulak untuk dijual kembali,
kemudian kelompok pengrajin juga membuat produk selain caping, seperti
tas anyam ataupun rak buku dari bambu jika ada pesanan, sehingga
hanya produk caping yang diproduksi setiap hari. Proses produksi, pengemasan serta pemasarannya masih sangat sederhana, selain itu
variasi desain produk yang dihasilkan masih sangat terbatas. Metode yang dilakukan pada kegiatan PKM ini meliputi pelaksanaan Forum Group Discussion, pelatihan terkait aspek produksi dan aspek pemasaran, serta
pendampingan dari aspek produksi dan aspek pemasaran. Hasil kegiatan PKM ini berupa produk caping, produk lain berbahan baku bambu, peningkatan keterampilan dan pengetahuan mitra tentang diversifikasi produk bahan bambu, serta label produk yang digunakan meningkatkan
pemasaran.
Kata Kunci: program kemitraan masyarakat, pengrajin caping, diversifikasi produk, digital marketing


Keywords


program kemitraan masyarakat, pengrajin caping, diversifikasi produk, digital marketing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.