Pengaruh Self -Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Self-Regulated Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling untuk dijadikan informan yang dapat mewakili setiap kategori kemampuan berpikir kritis berdasarkan kemampuan SRL-nya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan angket. Analisis data kualitatif dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh Self-Regulated Learning mempunyai hubungan positif secara simultan dengan pengaruh sebesar 43,2% dan ditemukan faktor
lain yaitu tingkat kepercayaan diri siswa dan gaya belajar siswa. Diharapkan berdasarkan temuan penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi peneliti selanjutnya untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dengan pengaruh variabel lain.
Kata Kunci : Self-Regulated Learning, berpikir kritis
lain yaitu tingkat kepercayaan diri siswa dan gaya belajar siswa. Diharapkan berdasarkan temuan penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi peneliti selanjutnya untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dengan pengaruh variabel lain.
Kata Kunci : Self-Regulated Learning, berpikir kritis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.