Analisis Faktor Pertimbangan Orang Tua Dalam Memilihkan Sekolah

Kariematut Thoyyibah, Dewi Rokhmatul Adhimah, Rita Dewi lukitasari

Abstract


Pendidikan menjadi hal yang penting bagi kehidupan. Sekolah yang menjadi penyelenggara Pendidikan tentunya harus mampu memberikan kualitas Pendidikan yag terbaik, untuk itu dalam memilihkan sekolah diperlukan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan
untuk menganalisis factor yang menjadi pertimbangan orang tua dalam memilihkan sekolah. Pada dasarnya banyak factor yang mempengaruhi orang tua dalam memilihkan sekolah untuk anaknya. Namun, dalam penelitian ini difokuskan pada 5 faktor yang mempengaruhi dalam memilihkan sekolah yaitu biaya, lokasi sekolah, kualitas Pendidikan, pelayanan, dan akreditasi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner yang disebarkan secara online melalui google form. Sampel diambil dengan cara random sampling.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52 responden, yaitu orang tua yang memiliki anak sekolah dari SD, SMP, SMA sampai ke Perguruan Tinggi di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pembahasan uji hipotesis dengan dua macam Teknik, yaitu: skala likert dan penafsiran atau interpretasi. Hasil penelitian disajikan data deskriptif yang bertujuan agar dapat dilihat profil dari data penelitian tersebut. data deskriptif ini menggambarkan keadaan atau kondisi responden yang merupakan informasi tambahan untuk memahami hasil-hasil penelitian. Pada penelitian ini biaya sekolah merupakan factor yang kurang
berpengaruh dalam memilihkan sekolah, sedangangkan 4 faktor lainnya yaitu lokasi sekolah, kualitas Pendidikan, pelayanan, dan akreditasi sekolah merupakan factor yang menjadi pertimbangan orang tua dalam memilihkan sekolah.

Kata Kunci: Pendidikan, sekolah, kualitas, pelayanan, akreditasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.