Analisis Parameter COD Dan BOD Pengolahan Limbah Cair Di RSUD Dr.Moewardi Metode Biofilter Aerob

Anjani Ayundha Widya Lestari, Emi Erawati

Abstract


Rumah sakit merupakan salah satu unit yang memproduksi limbah atau sampah dari hasil kegiatan yang dilaksanakan di rumah sakit. Semakin kompleks kegiatan pada setiap ruangan atau unit di rumah sakit maka akan besar pula masalah sampah/limbah yang harus ditanggulangi. Rumah Sakit sebagai salah satu penghasil limbah terbesar, potensial menimbulkan pencemaran bagi lingkungan sekitarnya yang akan merugikan masyarakat bahkan Rumah Sakit itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar COD dan BOD pada limbah cair RSUD Dr. Moewardi sebelum dan sesudah di olah di biofilter aerobik dan mengetahui apakah sistem pengolahan limbah cair di RSUD Dr. Moewardi sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku di rumah sakit PermenLHK No P.68/Menlhk/setjen/Kum 1/8/2016. Jenis penelitian yang dilaksanakan termasuk dalam  penelitian deskriptif dengan uji laboratorium yaitu penelitian dengan menggunakan data hasil analisis kadar COD dan BOD sebelum diolah dan sesudah diolah di IPAL. Metode yang digunakan yaitu analisis anova dan nilai efisiensi IPAL.
Hasil analisis COD dan BOD pada inlet terdapat hasil yang sudah memenuhi baku  mutu air limbah domestik namun masih terdapat juga yang tidak memenuhi standar baku mutu air limbah domestik.
Nilai efisiensi COD tertinggi terdapat pada bulan Januari 2022  sebesar 87,70 %, sedangkan nilai efisiensi BOD tertinggi terjadi pada bulan Januari 2022 yaitu sebesar 90,04 %.
Kata Kunci : biofilter, BOD, COD, limbah cair

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.